Taqabbalallahu minna wa minkum, selamat hari raya Idul Fitri 1445 H, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT, dan mohon maaf lahir dan batin, semoga kita bisa senantiasa memperkuat tali silarutahmi kita. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin

Pengendalian Gratifikasi dan Pelaporan

Strategi Pengendalian Gratifikasi
dan Metode Pelaporan

Pengendalian gratifikasi dan pelaporan merupakan dua konsep penting dalam upaya pencegahan korupsi di lingkungan organisasi atau instansi. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya:

  1. Pengendalian Gratifikasi: Gratifikasi merujuk pada penerimaan atau pemberian hadiah, uang, atau manfaat lainnya yang tidak semestinya kepada seseorang sebagai imbalan atas penggunaan kekuasaan atau jabatan yang dimilikinya. Pengendalian gratifikasi bertujuan untuk mencegah terjadinya praktik korupsi atau penyalahgunaan wewenang. Ini bisa dilakukan melalui kebijakan internal organisasi, pelatihan karyawan, dan sistem pengawasan yang ketat. Selain itu, adopsi prinsip transparansi dan integritas dalam setiap interaksi bisnis atau pelayanan publik juga menjadi bagian dari pengendalian gratifikasi. Dalam beberapa kasus, organisasi dapat memiliki kode etik yang secara tegas melarang penerimaan atau pemberian gratifikasi.
  2. Pelaporan: Pelaporan merupakan proses di mana individu melaporkan adanya perilaku yang mencurigakan, termasuk tindakan korupsi atau pelanggaran etika lainnya, kepada pihak yang berwenang. Pelaporan dapat dilakukan baik secara internal kepada atasan atau manajemen organisasi, maupun secara eksternal kepada lembaga penegak hukum atau badan pengawas yang relevan. Pelaporan yang efektif memerlukan perlindungan terhadap pelapor agar mereka tidak mengalami represalias, sehingga membutuhkan kebijakan dan mekanisme pelindungan pelapor yang efektif.

Dengan menerapkan pengendalian gratifikasi dan mendorong pelaporan yang efektif, organisasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang bersih, transparan, dan berintegritas. Hal ini penting dalam upaya memerangi korupsi dan menjaga kepercayaan publik terhadap institusi atau organisasi tersebut

Pengunjung: 160
You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

About Us

Profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan standar tinggi, disiplin, integritas, dan etika yang tinggi. komitmen untuk memberikan hasil terbaik, berkolaborasi secara efektif, dan beradaptasi dengan perubahan. Profesionalisme mengelola waktu, menghargai keberagaman, dan berkomunikasi dengan jelas serta efektif. 

Departments

Who Are We

Our Mission

Awards

Experience

Success Story

© Copyright 2020 Unit IT & SPI Politeknik STIA LAN Makassar - All Rights Reserved
Thank You! That's Amazing!
Skip to content